Cara Instalasi/Setting Aplikasi AUS

Untuk dapat menggunakan App AUS (Administrasi keUangan Sekolah) dengan baik tentu diperlukan instalasi dan seting yang benar sesuai dengan rekomendasi penggunaan aplikasi AUS oleh pembuatnya.
App AUS (Administrasi keUangan Sekolah) adalah merupakan aplikasi Server Client  yang cukup Praktis dan mudah untuk digunakan oleh siapapun. Basis database MySql Server yang sudah terbukti banyak keunggulannya juga menjadi mitra perjalanan aplikasi AUS ini.
Karena App AUS ini menggunakan jasa database MySql, maka adalah wajib di Komputer/Laptop anda sudah terinstal MySql Server atau XAMPP yang didalamnya sudah terintegrasi MySql sebelum anda bisa menjalankan app AUS ini. Dan jika anda belum / kurang memahami tentang bagaimana cara pemasangan MySql Server di komputer anda, anda dapat membaca panduannya disini.
Atau jika anda ingin menggunakan XAMPP bisa anda lihat panduannya disini
Untuk penggunaan Server Client, yang wajib ada terinstal MySql server atau XAMPP nya cukup hanya komputer yang di jadikan Server nya saja.
 
Langkah-langkah Untuk Instalasi App AUS
  1.  Extrak file rar AUS_1.1.5.(atau yang terbaru). File dapat anda Download disini
  2.  Jalankan file exe nya. Dan ikuti langkah demi langkah nya hingga finish/selesai.
  3. Secara default direktory instalan di arahkan ke C:\Program Files, tapi anda juga bisa menempatkannya di tempat lain jika diinginkan.
  4. Di akhir instalasi anda akan dihadapkan pada pilihan apakah ingin menjalankan otomatis app selesai instalasi. Konfirmasikan "ya" saja untuk langsung menuju seting awal app AUS. Atau anda pilih menjalankan app kemudian melalui star up saja. Terserah anda.
  5. Pada saat pertama kali app AUS ini di jalankan anda harus men set penggunaan app ini mau untuk penggunaan tunggal komputer, penggunaan sebagai server atau penggunaan sebagai client nantinya. lihat gambar di bawah ini:                             
    Pilihan Pemakaian Tunggal atau Server akan memerintahkan app untuk membentuk/membuat database di MySql Server dan kemudian mengkoneksikannya secara otomatis. Dan jika proses usaha koneksi otomatis app gagal maka anda akan diminta untuk melakukan koneksi ke database ini secara manual melalui form koneksi yang dimunculkan. Seperti gambar dibawah ini                                                                                                      
    Isi dengan benar datanya sesuai dengan kondisi MySql yang terinstal di Komputer anda lalu klik tombol "Koneksikan" untuk mengkonfirmasikannya. Untuk Port sebaiknya gunakan defaultnya saja. (untuk XAMPP biasanya secara default MySql nya menggunakan port 3306).Tunggu sampai proses selesai dan ditandai dengan dimunculkannya form Login app AUS seperti gambar di bawah ini:                  
    Untuk komputer Server atau untuk penggunaan Tunggal, pastikan MySql di komputer sudah dalam keadaan aktif manakala anda akan menjalankan pertama kali App AUS anda. Sebab kalau belum maka app akan gagal membentuk database di MySql tersebut. Dan app tentu tidak dapat dibuka.
  6. Untuk Login pertama kali gunakan user dan password "admin" dan anda akan berada dalam status administrator app. Selanjutnya admin dapat menambah dan menghapus user dan menentukan status hak aksesnya ke app. Yaitu sebagai User, Admin atau Operator. Tingkat hak akses tertinggi adalah Admin. 
  7. App AUS anda siap digunakan. Disarankan untuk membaca panduan manualnya secara teiliti dan berulang-ulang sampai anda benar-benar memahami prosedur cara penggunaan app AUS ini dengan benar. Sehingga app ini akan benar-benar membantu pekerjaan anda. 
  8. Jika ada hal-hal yang belum jelas silakan kontak langsung ke pembuat app dengan alamat yang tertera di aboutmy app atau di halaman akhir panduan maualnya.
 
Semoga membantu

 

Label: