ADMINDES_PRO (Aplikasi Pemerintahan Desa yang Praktis)

Salam 

Memasuki era komputerisasi pada tata Administrasi di Desa di Indonesia khususnya, disini saya ingin berbagi sedikit informasi berkaitan dengan software yang mungkin saja akan berguna di Desa anda semua.
Sebuah aplikasi lokal Indonesia yang khusus diperuntukkan untuk penanganan tata administrasi pemerintahan Desa di Indonesia. Namanya AdmindesPro. Saat ini serinya sudah update DsP_3.1.3.
Aplikasi AdmindesPro ini merupakan aplikasi yang bersifat Server Client. Jadi dapat digunakan dalam sistem paralel LAN dengan banyak komputer / Laptop dengan data di satu Server. Sepertinya menarik untuk di pelajari.dan di implementasikan penggunaannya di desa-desa di wilayah Indonesia.
 
App AdmindesPro menggunakan basis data MySql. Artinya, untuk dapat menjalankan aplikasi AdmindesPro ini tentu wajib terinstal setidaknya MySql Server di Komputer / Laptop yang digunakan sebagai Server nya. Atau dapat juga menggunakan MySql yang terintegrasi kedalam sebuah server local seperti XAMPP/WAMPP.
Bagi anda yang ingin mencoba untuk mempelajari atau sekedar iseng-iseng ingin tahu seperti apa kemampuan aplikasi kecil ini. Di bagian akhir tulisan ini saya sertakan Link untuk menuju halaman informasi bagaimana cara Instalasi dan men seting aplikasi AdmindesPro ini. Menurut saya instalasinya tidak begitu sulit kok. Sistem koneksi ke database nya juga cukup sederhana. Sehingga tidak harus diperlukan pengetahuan yang khusus untuk itu. D.
 
Apa di Desa yang anda tangani saat ini masih melayani penduduknya yang meminta surat-surat dengan selalu di ketik secara manual? Masih selalu menghitung jumlah penduduknya dengan bantuan kalkulator? 
Saya rasa yang itu pekerjaan Pak Carik jaman doeloe lho. D.D.
Tapi sukurlah, anda sudah berhasil menemukan halaman ini. Mudah2an hari ini merupakan hari terakhir anda membongkar-bongkar arsip surat yang ada di map. D.
 
Kalau bukan kita yang memmulai, siapa yang akan peduli dengan desa kita.
 
Semoga informasi ini bermanfaat,  mohon maaf kalau ada salah kata.
Dan bagi yang ingin mendapatkan data Kode Wilayah Indonesia untuk pengisian data Admindes bisa di unduh disini

Salam.

Catatan:
Bagi anda pengguna AdmindesPro_3.1.3 yang sebelumnya sudah menggunakan admindesPro dengan seri dibawahnya (DsP_2.1.7 kebawah) perlu malakukan(disarankan) proses Update sistem database aplikasi melalui menu Extra>Update dari seri 2.x.xProses tersebut akan mensesuaikan sistem alamat pada database. Sebab sebelum proses dilakukan ada beberapa fitur yang akan dibaca tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dan setelah proses update tersebut dilakukan jangan sekali-kali melakukan restore data dari data backup dari seri 2.x.x. karena sistem data sudah mengalami perubahan. Sehingga akan mengakibatkan data pada menu Pajak dan Keuangan akan hilang dari daftar.
Link Download nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi Komentar anda disini